Entri Populer

Rabu, 16 Februari 2011

PSCS JALANI LATIHAN FISIK DI KOPASSUS

skuad pscs latihan fisik ala kopassusBanyak hal baru yang diperoleh skuad PSCS Cilacap saat menjalani latihan fisik di Markas Kopassus Cilacap. Cara latihan yang diberikan pelatih kesatuan elit TNI AD itu sedikit berbeda dari yang selama ini diajarkan pelatih PSCS.
Hal itu dikatakan asisten Pelatih PSCS Triono Aznan, saat dihubungi lewat ponselnya, kemarin. Hal yang baru itu, antara lain cara sit up. Biasanya pemain melakukan latihan ini dengan posisi tubuh lurus terlentang di lantai, lalu bangkit duduk.
Di Kopassus, sit up dilakukan dengan beban lebih berat. Pemain duduk di punggung rekannya yang berada dalam posisi merangkak. Pemain yang sit up menurunkan punggungnya sampai hampir menyentuh tanah, lalu bangkit duduk lagi, begitu seterusnya.
Di hari pertama, tambah Triono, para pemain bisa menjalani latihan secara utuh. Setelah sesi latihan pukul 21.00-21.30, pemain belum mengalami kelelahan yang luar biasa. “Mereka mendapat terapi untuk menghilangkan kelelahan dan membuat tidur lelap.”
Porsi latihan juga mungkin belum terlalu berat. Pemain hanya belum terbiasa dengan latihan empat kali sehari, yaitu pagi, siang, sore dan malam. Biasanya, mereka hanya latihan pagi dan sore. Di hari berikutnya, mungkin porsi latihan ada peningkatan secara bertahap.
Ketua Harian PSCS Farid Ma’ruf mengatakan, mendukung program itu, karena sangat bagus untuk meningkatkan kondisi fisik pemain. Di tempat itu anak-anak asuh Agus Riyanto ditangani pelatih profesional.
Semua pemain, tambahnya, wajib mengikuti latihan itu tanpa kecuali. Kalau ada yang tidak ikut, manajemen dan pelatih harus bersikap tegas. Hal itu perlu dilakukan agar tak muncul kesan anak emas. “Dengan upaya itu, mudah-mudahan di putaran II penampilan PSCS meningkat,” harapnya.
Pelatih Agus Riyanto mengatakan, latihan di Kopassus diharapkan membawa hasil bagus untuk timnya. Di tempat itu, ada suasana baru, sehingga mereka lebih bergairah.

Tidak ada komentar: